7 Tips Memilih VPS Terbaik Untuk Projek Anda

Banyak yang menggunakan VPS (Virtual Private Server) untuk membangun website mereka. Hal ini karena ada banyak kelebihan yang dimilikinya terutama dalam segi kebebasan dalam mengelola dan memilih aplikasi. Namun, ketahui tips memilih VPS agar tidak salah pilih.

Anda perlu mempertimbangkan untuk memilih VPS yang menunjang kebutuhan website. Banyak sekali penyedia hosting yang menawarkan VPS dengan fitur dan harga yang murah.

Namun, bagaimana memilih VPS yang berkualitas? Simak penjelasannya berikut ini.

VPS terbaik

7 Tips Memilih VPS Terbaik Untuk Projek Anda

Berikut ini adalah 5 tips memilih cloud VPS murah yang perlu Anda ketahui agar bisa merencanakannya dengan sehingga projek website Anda tidak salah. Simak informasinya.

1. Spesifikasi

Tips memilih VPS yang pertama adalah melihat spesifikasi dari VPS yang Anda gunakan. Spesifikasi tersebut terkait dengan kebutuhan sumber daya yang diberikan oleh penyedia layanan. Contohnya yaitu kapasitas RAM, CPU, sampai Hard Disk.

Akan lebih baik untuk memilih VPS dengan kapasitas yang besar agar bisa memuat data lebih cepat.

Performa website juga akan lebih stabil dan tidak sering mengalami downtime yang tidak Anda inginkan. Berikut adalah beberapa hal penting dalam spesifikasi VPS yang perlu diperhatikan:

  • Bandwidth: berperan dalam memperlancar arus traffic server. Bandwidth dengan kapasitas baik akan meningkatkan kecepatan server mengirim data.
  • RAM: Idealnya RAM untuk VPS berukuran 4GB. Namun, jika banyak memuat media, pilih yang lebih dari itu.
  • CPU: direkomendasikan untuk memakai intel E5 dan E7. Pilih juga prosesor multi core agar website memiliki kinerja yang baik.

2. Aplikasi dan Teknologi Pendukung

Ketika memilih hosting atau VPS, perlu untuk memahami apa yang akan Anda dapatkan jika menyewanya di penyedia hosting tersebut. Hal yang perlu diperhatikan yaitu dari segi teknologi dan aplikasi yang mendukung.

Pastikan untuk memilih VPS yang menyediakan teknologi baru sehingga lebih efektif untuk mengelola situs. Teknologi baru yang ada di VPS biasanya dilengkapi dengan fitur seperti Disk, RAM, Inode, sampai CPU.

Anda juga perlu melihat agar VPS memiliki panel untuk mengelola website menjadi lebih baik. Misalnya ada kontrol untuk reboot, reinstall, sampai dengan shutdown.

Hal ini penting agar ketika terjadi gangguan atau error pada server, Anda dapat memperbaikinya dengan console yang dimiliki.

Penting juga untuk melakukan reboot untuk memperbaiki kesalahan server. Dengan demikian, pengaturan ini dapat dikendalikan oleh Anda sendiri. Jadi, waktu error tidak terlalu lama sehingga pendapatan tidak terlalu menurun drastis.

3. Harga

Harga ini penting diperhitungkan dalam tips memilih VPS. Pilihlah yang sesuai dengan budget dan kebutuhan bisnis Anda.

Jadi, tidak harus memilih VPS dengan harga mahal. Anda bisa memilih VPS murah yang memiliki fitur yang cukup memenuhi kebutuhan website.

Anda sebaiknya juga perlu untuk melakukan perbandingan harga dengan melihat provider satu dengan yang lainnya.

4. Keamanan

VPS memang memberikan keamanan yang lebih baik untuk penggunanya dibandingkan dengan jenis shared hosting.

Namun, Anda juga perlu memastikan keamanan datanya dengan melihat detail virtualisasi yang dipakai.

Contohnya, lebih memilih jenis OpenVZ, XEN, KVM, dsb. Umumnya, pengelola website akan lebih menyukai menggunakan VPS VZCTL ENTER VID.

5. Layanan Backup

Tips memilih VPS selanjutnya adalah adanya pencadangan data untuk website yang digunakan. Pencadangan atau backup data ini berfungsi untuk menyimpan data agar tidak hilang saat melakukan instalasi atau menyetel program baru.

Data sebelumnya yang terformat bisa dikembalikan dengan mudah jika penyedia layanan VPS memberikan fitur backup data. Backup data ini penting agar tidak mengganggu kinerja website.

Data yang terlalu penuh dapat dihapus dengan mencadangkannya di backup sehingga apabila dibutuhkan, bisa kembali lagi dibuka. Backup data bisa dilakukan seminggu sekali atau sebulan sekali sesuai dengan keinginan dari pengguna.

Untuk website yang bergerak di bidang industri atau bisnis, penting melakukan backup data sehingga data pelanggan dapat tersimpan dengan baik. Ini juga bisa memaksimalkan analisa data terhadap proses pemasaran sampai digital marketing dengan melihat catatan data pelanggan.

6. Customer Support

Customer Suppert atau layanan bantuan dari penyedia hosting ini juga sangat diperlukan. Oleh sebab itu, penting untuk memilih layanan yang memberikan support oleh tim teknis selama 24 jam.

Tak jarang, website sering mengalami masalah yang biasa terjadi ketika Anda menginstall aplikasi baru. Ketika diperbaiki ternyata tidak menemukan solusi. Pada kasus ini, penting untuk segera meminta bantuan dari CS.

Dengan demikian, pilih penyedia hosting yang dapat memberikan respon terbaik dan solusi cepat untuk mengatasi berbagai masalah website sehingga Anda yang pemula sekalipun dapat membuat website menjadi berkembang.

7. Data Center

Data Center memiliki fungsi yang sangat krusial dalam website. Fungsi dari Data Center adalah menampung semua data website.

Jika Anda menggunakan website e-commerce, Data Center ini biasanya akan diisi data pelanggan.

Lalu, pilih juga Data Center dengan server yang berasal dari Indonesia jika Anda ingin menargetkan negara Indonesia untuk konten website.

Penutup

Demikian 7 tips memilih VPS terbaik yang harus diterapkan jika Anda ingin mengembangkan website menjadi lebih profesional dan baik.

Kualitas VPS dan hosting yang baik bisa Anda dapatkan menggunakan layanan hosting dari Niagahoster.

Tinggalkan komentar